Jelang Demo ‘Akbar’ Honorer K2, Menteri Yuddy Beri Penjelasan

CPNS 2014 terbaru

Jakarta~ Di tengah-tengah ‘ancaman’ demo besar-besaran kaum honorer K2 pada 10 Februari mendatang, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pihaknya sudah sungguh-sungguh mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah honorer K2.

Upaya dimaksud antara lain dengan menanyakan ke Kementerian Keuangan terkait anggaran untuk menyelesaikan persoalan tenaga honorer. Yuddy juga sudah membuat rencana penyelesaian seperti yang diminta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Surat menyuratnya ada, semua lengkap sebagai bentuk upaya kita,” ungkapnya ketika menerima kunjungan pengurus Forum Honorer K2 Indonesia (4/1).

Ia juga sudah berupaya mencari celah kewenangan atau diskresi  yang bisa digunakan MenPAN-RB untuk menjadi payung hukum pengangkatan honorer K2.

“Saya cari jalan untuk ambil diskresi selama setahun. Namun ternyata semua jalan buntu,” imbuhnya.

Menurutnya, Keputusan Menteri tidak bisa melebihi peraturan pemerintah atau undang-undang.

 “Saya sudah menggunakan kewenangan maksimal. Tapi tidak mungkin kalau tidak ada payung hukum dan tidak ada anggaran,” lanjut Yuddy.

Secara tersirat, Yuddy juga menyebutkan jika demo atau desakan seperti apapun tidak bisa mengubah keadaan.

“Kami didesak seperti apa saja tidak mungkin bisa, karena memang anggarannya tidak ada. Kalaupun anggarannya ada, payung hukumnya juga  harus tersedia,” paparnya kemudian seperti diwartakan JPNN.

Tags:
author

Author: