Jelang Ekskusi Mati Jilid 3, Nasib Mary Jane Belum Jelas

hukum

Jogja~ Dunia pemberitaan Indonesia sudah dihebohkan dengan akan dilaksanakannya ekskusi mati terpidana narkoba jilid 3. Di tengah ramainya pemberitaan tersebut, ada satu terpidana mati yang dulu pernah akan diekskusi namun hingga saat ini pelaksanaannya belum jelas. Ia adalah Mary Jane Fiesta Veloso, seorang terpidana mati kasus narkoba asal Filipina.

Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarta menerangkan jika pihaknya belum menerima instruksi  pelaksanaan eksekusi terhadap Mary Jane.

“Belum ada informasi tentang rencana eksekusi, tapi yang jelas tidak ada perubahan status, sampai saat ini status Mary Jane tetap sebagai terpidana mati. Apalagi proses hukumnya sudah selesai,” sebut Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kejati) DIY, Zulkardiman, di Yogyakarta (3/5).

Zulkardiman  juga mengaku pihaknya tidak berani memastikan ada tidaknya keterkaitan jadwal eksekusi dengan proses persidangan Maria Kristina Sergio di Filipina.

“Kami siap jika diminta memfasilitasi pemeriksaan Mary Jane sebagai saksi dalam kasus dugaan perdagangan manusia yang menjerat Maria Kristina,” tambahnya.

Sampai sekarang, kata Zulkardiman, belum ada kepastian mengenai prosedur pemeriksaan Mary Jane.

“Nantinya masih akan dikaji terlebih dulu untuk prosedur dan cara pemeriksaan Mary Jane sebagai saksi,” jelasnya kemudian seperti diwartakan republika.co.id.

Tags:
author

Author: