Jelang hari H KAA 30 Negara Telah Pastikan Kehadirannya

kaa  

Bandung- Menjelang agenda tahunan negara-negara Asia Afrika yang tergabung dalam KAA (Konferensi Asia Afrika) 30 negara telah memastikan kehadirannya. Beberapa negara tersebut antara lain Raja Mswati III dari Swazilan, Vietnam, Tiongkok, Sri Lanka, Mozambique, Iran, Myanmar, Kamboja dan Singapura. Peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika ini akan diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 24 April mendatang.

Direktur Kerja Sama Intrakawasan Asia Pasifik dan Afrika, Kementerian Luar Negeri, Benyamin Scott Carnadi mengungkapkan jumlah negara yang hadir, nantinya akan terus bertambah seiring mendekatnya hari-H pelaksanaan KAA.

Benyamin memaparkan, Asia Afrika mengalami pertumbuhan ekonomi yang luar biasa, termasuk Indonesia. Dalam ajang pertisius tersebut akan mengangkat beberapa isu yang menjadi kepentingan Indonesia yang telah masuk untuk dibahas. Antara lain pembangunan ekonomi, keamanan energi, isu pariwisata dan hubungan antarwarga terkait jaringan Universitas ASEAN Afrika. Selain itu, juga akan ada isu-isu yang mengisi kerjasama Asia Afrika ke depan dalam konteks hubungan kedua benua.

Di KAA nantinya, akan dibahas juga bagaimana menghadapi tantangan-tantangan pembangunan dan memaparkan kemampuan serta kehebatan Indonesia dari segi politik, ekonomi, pembangunan sosial dan budaya.

Dilansir dari Viva.co.id dalam keterangan tertulis di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, pada Kamis, 2 April 2015, Benyamin mengatakan, bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara (Kim Jong- Un) tidak dapat hadir. Dan sebagai wakil dari Korut adalah Presidium Majelis Tertinggi, Kim Jong-nam.

Terkait hal ini, Kemenlu mengaku tetap gembira walau tidak semua negara bisa diwakili langsung pemimpin tertinggi. Ia mengatakan, pertemuan ini adalah kesempatan baik saling berbagai pengalaman untuk mengetahui kemajuan tiap negara.

Tags:
author

Author: