Jokowi Kunjungi Iran, Pertamina dapat Pekerjaan

jokowi

Iran – Kemarin malam Presiden Presiden Jokowi mengadakan kunjungan kenegaraan ke Iran untuk membahas kerja sama ekonomi. Presiden disambut langsung oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Seyed Ali Khamenei .

Dijelaskan oleh politikus asal Solo ini, dalam pertemuan tertutup tersebut Ayatollah menyatakan jika ada potensi kerja sama sebesar USD 20 miliar antara Indonesia dengan Iran.

“Tadi bertemu Ayatollah, beliau katakan sebenarnya potensi kerja samanya USD 20 miliar, semoga kesempatan itu bisa kita manfaatkan,” sebut Jokowi dalam ramah tamah bersama WNI yang berdomisili di Iran di Hotel Espinas Palace, Teheran.

Kerja sama dimaksud antara lain ada di sektor migas yang akan diekskusi oleh PT Pertamina.

“Untuk investasi ini Pertamina ada investasi ladang minyak di Mansouri dan Ab-Teymour di dua tempat dan kalau betul-betul diberikan ke Indonesia ini era baru hubungan Iran-Indonesia yang bisa beri manfaat bagi kedua rakyat,” imbuhnya seperti dikutip dari detik.com.

Ditemui terpisah, Menteri ESDM Ignasius Jonan menerangkan jika Iran juga akan diajak kerja sama dalam pembangunan refinery di Jawa Timur.

“Ada satu patungan yang akan dijalankan untuk membangun refinery atau pengolahan minyak mentah menjadi minyak jadi di daerah Jawa Timur itu antara perusahaan minyak Iran dengan pihak swasta di Indonesia. Jadi bagi Indonesia ini B to B (Business to Business) menurut saya ini bagus sekali, tadi Bapak Presiden juga sangat apresiasi,” jelas Ignasius Jonan.

Tags:
author

Author: