Jumlah Izin Trayek Metromini Terus Dipangkas

 

Potensi Properti Ritel di Jakarta Timur

Jakarta~ Metromini merupakan salah satu angkutan yang kerap menimbulkan masalah di ibu kota. Yang terkini, sebuah Metromini berbenturan dengan Commuter Line sehingga 18 orang meninggal. Kecelakaan maut tersebut terjadi karena sopir Metromini B80 jurusan Kalideres-Grogol menerobos perlintasan kereta hingga akhirnya tertabrak commuter line yang sedang melintas.

Meski demikian, angkutan ini sangat dibutuhkan masyarakat ibu kota. Oleh karena itu, Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengakui jika penghapusan Metromini tak bisa dilakukan secara langsung. Saat ini pihaknya terus berupaya memperbaiki kondisi Metromini agar terintegrasi bus TransJakarta.

“Yang dihapus itu ada mekanismenya, yang paling penting bagaimana kita mempersiapkan Rp/km. Kalau seumpama itu sudah siap, mungkin (Metromini) itu bisa kita hapus semuanya. Tapi kalau kita belum siap, belum bisa menghapus karena kaitannya memang terus terang saja Metromini juga sendiri masih dibutuhkan masyarakat,” terang Andri Yansyah.

Meski masih sangat dibutuhkan, lambat tapi pasti ada pengurangan metromini di Jakarta dan digantikan dengan angkutan baru. Disebutkan oleh Andri Yansyah, saat ini sudah 1.600 izin trayek atau sekitar 60 persen dari total 3 ribu izin trayek yang sudah dicabut.

“Jadi sekarang yang lama-lama akan kita sikat, akan kita tertibkan dan kita tidak akan nambah lagi,” terangnya sebagaimana diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: