Jumlah Perceraian Terbanyak Ada di Provinsi Ini

pernikahan

Pewartaekbis~ Pernahkah Anda penasaran tentang provinsi yang memiliki jumlah perceraian terbanyak di Indonesia? Berdasarkan penuturan konsultan pernikahan dan masalah keluarga, Dr Hj Hasniah MSi, Provinsi Jawa Timur adalah jawabannya.

“Dalam lima tahun terakhir, Jatim menjadi the best (terbaik) tapi dalam perceraian,” sebutnya dalam seminar bertajuk ‘Ayo Nikah…Nikah Gratis di KUA’ yang diselenggarakan Kemenag RI di Surabaya beberapa waktu lalu.

Hasniah menjelaskan, angka perceraian di Jatim pada lima tahun lalu masih mencapai 38 persen dari angka perceraian nasional. Jumlah tersebut bertambah pesat per November 2015.

“Tapi, sampai awal November tahun ini sudah tercatat 47 persen dari angka perceraian nasional. Apa ada orang yang menikah untuk mencari teman bertengkar, tentu tidak ada. Kalau bertengkar, tentu penyebabnya karena tidak siap,” lanjut konsultan yang juga berprofesi sebagai dosen UIN Sunan Ampel Surabaya itu.

Kepada peserta seminar, ia juga menuturkan dua cara untuk mempertahankan pernikahan agar tidak mudah bercerai. Dua cara dimaksud adalah meyakini bahwa tujuan menikah untuk ibadah dan menjadikan pernikahan sebagai perjanjian suci.

“Tujuan menikah untuk ibadah itu dilakukan untuk mencari ridha Allah SWT dan ridha Allah SWT itu bergantung karena ridha orang tua, karena itu kalau menikah siri tanpa restu orang tua adalah tujuan yang keliru,” jelasnya seperti diwartakan laman resmi NU.

Tags:
author

Author: