Jumlah Sekolah Tinggi Islam Negeri di Negeri ini Terus Berkurang

uin

ilustrasi

Jakarta~ Jumlah Sekolah Tinggi Islam Negeri (STAIN) di Indonesia nampaknya akan semakin sedikit. Hal ini karena seiring berjalannya waktu, jumlah STAIN yang berubah menjadi IAIN terus bertambah. Salah satunya adalah STAIN Wantampone di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

“Tadi kita membahas tentang alih status STAIN Wantampone menjadi IAIN. Sekarang ini Kemenag memberi kontribusi 15 persen dari seluruh mahasiswa nasional. Jadi angka partisipasi kasar nasional pendidikan tinggi Indonesia itu mencapai 32 persen, 15 persen dari 32 persen itu dari Kemenag. Itu kita mendorong untuk alih status peningkatan kelembagaan, dari sekolah tinggi menjadi institut. Insya Allah dalam waktu dekat Pak Wapres tadi mendukung, Insya Allah dalam waktu 1 minggu mudah-mudahan selesai,” sebut Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, di Kantor Wapres  (19/4).

Kamaruddin juga menegaskan jika saat ini ada 6 STAIN yang berubah menjadi IAIN masih menunggu Peraturan Presiden. Ada juga 8 STAIN yang diubah IAIN sedang dalam pengajuan. Sementara itu, kampus IAIN yang berubah menjadi Universitas Islam Negeri sekitar 6 kampus.

“Perbedaan STAIN dan IAIN, kalau IAIN itu lebih besar kapasitas kelembagaannya. Jadi bisa membuka prodi tidak hanya satu, rumpun ilmu. Jadi tidak hanya buka pendidikan. Tapi bisa juga hukum filsafat. Jadi lebih luas. Jadi pelayanan kepada masyarakatnya lebih luas juga,” pungkasnya seperti diwartakan merdeka.com

Tags:
author

Author: