Juru Parkir Direlokasi, Ini Harapan Gubernur Jogja

 

ilustrasi

ilustrasi

Yogyakarta~ Anda yang hari berkunjung ke kawasan Mallioboro di Kota Jogja pasti akan tertegun. Betapa tidak, jalanan yang semula dipenuhi lautan sepeda motor ini kini sudah bersih dan dapat digunakan untuk pejalan kaki atau pedestrian.

Untuk diketahui, para juru parkir (jukir) di kawasan ini sebelumnya sudah direlokasi ke tempat parkir di lantai 2 dan 3 di Taman Parkir Abu Bakar Ali (ABA). Tepatnya di sebelah utara Hotel Inna Garuda Yogyakarta.

Saat mengunjungi para juru parker di taman parker, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta para juru parkir yang terdata di tempat itu untuk mendirikan koperasi. Dengan demikian, roda perekonomian yang anggotanya para juru parkir bisa berputar.

“Harapan saya, bapak-bapak bisa segera tergabung dalam koperasi. Sementara dari yang mewakili jukir sebanyak 20 orang itu sudah cukup. Nanti difasilitasi Pak Walikota,” sebut Sultan kepada wartawan (5/4).

Dengan pembentukan koperasi, Sultan menyebut Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti bisa menentukan target yang ingin diraih.

“Masalah teknis nanti biar diatur Pak Wali, termasuk berapa tarif yang ditentukan untuk parkir,” lanjut Sultan.

Ia juga berharap, investasi yang besar dengan pembangunan lokasi parkir di Abu Bakar Ali ini bisa memberi manfaat lebih besar kepada pengelola dan juga Pemkot Yogyakarta.

“Kami (Pemprov DIY-red) hanya membantu, semoga investasi yang besar ini membawa manfaat. Masyarakat lebih tertib, pengelola parkir juga lebih sejahtera, pemerintah juga diuntungkan dengan pendapatan retribusi dari pakir,” imbuhnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: