Kabar Baik! Ada Penambahan Kuota Mahasiswa Baru di UNS Tahun 2017

toga

Solo – Kabar baik untuk Anda yangin melanjutkan studi di Universitas Sebelas Maret (UNS). Pasalnya, di tahun 2017 universitas ini menetapkan kuota tambahan menjadi 6.291 mahasiswa baru jenjang sarjana (S1) yang tersebar di 65 prodi.

Dikemukakan langsung oleh Rektor UNS, Ravik Karsidi, jumlah mahasiswa baru yang akan diterima tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Tahun 2016 UNS hanya menerima 6.116 mahasiswa baru.

Menurutnya, kuota mahasiswa bertambah karena ada proram studi anyar. Yakni Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) pendidikan IPA, dan S1 statistika.

“Dengan penambahan dua program baru, kuota penerimaan mahasiswa baru menjadi bertambah,” jelas Ravik (16/1).

Terkait dengan persentase jalur masuk. Tahun ini UNS menetapkan kuota jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebanyak 30 persen.

“Penerimaan melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) sebanyak 50 persen dan jalur SM (Seleksi Mandiri) sebanyak 20 persen,” katanya kemudian.

Sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 ini menerangkan jika pelaksanaan ujian SBMPTN tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Artinya, masih menggunakan metode PBT (Paper Based Test) dan CBT (Computer Based Test). Khusus untuk CBT, ada lebih dari 500 peserta yang tahun ini ditargetkan untuk menggunakan sistem ini.

“Kalau tahun lalu baru ujicoba, untuk tahun ini di Kota Solo bisa lebih dari 1.000 peserta bisa menggunakan CBT. Kami telah meminta dinas terkait untuk bisa menggunakan fasilitas UNBK ( Ujian Nasional Berbasis Komputer), ” ucapnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: