Kabupaten Wonogiri Siap Panen ‘Padi’ Raya

padi

Wonogiri~ Di tengah harga beras yang masih melambung, petani di Kabupaten Wonogiri diprediksi akan melakukan panen raya padi bulan ini. Bahkan, petani padi di beberapa kecamatan sudah melaksanakan panen. Hal itu antara lain disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Dispertan TPH) Kabupaten Wonogiri, Safuan.

“Di Kecamatan Wuryantoro, Baturetno, dan sebagainya sudah mulai panen. Kemungkinan, panen raya bisa dilakukan bulan ini,” papar Safuan seperti diwartakan Suara Merdeka online.

Menurut Safuan, tanaman-tanaman padi yang diprediksi panen bulan ini sudah ditanam sejak Masa Tanam (MT) 1, sekitar bulan Oktober-Januari lalu. Luasnya sekitar 41.942 hektare.

“Sebagian besar akan panen bulan ini,” lanjut Safuan.

Yang menggembirakan, Safuan menyebut jika panen raya di Wonogiri untuk tahun ini akan menghasilkan padi dalam jumlah dan kualitas maksimal. Pasalnya, tidak banyak penyakit maupun hama yang mengganggu tanaman.

Dispertan TPH) Kabupaten Wonogiri menargetkan panen di Wonogiri menghasilkan 437.757 ton gabah kering giling sepanjang tahun 2015 nanti, dia. Selain itu hasil laboratorium lapangan SLPTT juga memiliki hasil yang bagus

“Laboratorium lapangan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) juga menunjukkan hasil yang bagus, bisa menghasilkan 10 ton gabah kering giling per hektare. Kalau yang di luar laboratorium lapangan menghasilkan 6,4 ton (gabah kering giling per hektare). Padahal, rata-rata produksi biasanya hanya 5,5 ton (gabah kering giling per hektare),” paparnya kemudian.

Tags:
author

Author: