Kapal Thailand Disergap TNI di Sabang

kapal

SABANG – KM Silver Sea 2 yang merupakan kapal ikan nelayan asing berbendera Thailand di tangkap Kapal TNI AL KRI Teuku Umar, karena diduga menampung ikan dari nelayan secara ilegal. KM Silver Sea 2 ditangkap di 80 mil laut Sabang, Pulau Weh pada Rabu (12/8) dini hari. Setelah dilakukan pemeriksaan, kapal tersebut tidak memiliki surat izin kapal pengangkut/pengumpul ikan atau Sikpi.

Saat ini kapal tersebut diamankan di Pangkalan TNI Angkatan Laut di Teluk, Sabang, Pulau Weh. Kapten dan anak buah kapal menjalani pemeriksaan intensif. Kapal yang teridentifikasi milik perusahaan Silver Sea Reefer Co LTD dengan 19 anak buah kapal (ABK) memiliki jenis kapal kargo ikan. Kapal berbobot 2.385 grosston (GT) tersebut membawa ikan campuran seberat 1.930 ton. 

Panglima Komando Armada RI Kawasan Barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Taufiqurrahman di Sabang, Jumat (14/8) mengatakan, penangkapan berawal dari informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang disampaikan kepada TNI AL.

“Setelah menerima informasi tersebut TNI AL melakukan pelacakan. Hingga akhirnya kapal ditangkap di perairan Pulau Weh”, kata Taufiq.

 

Taufiq menjelaskan, sebelumnya kapal tersebut diduga melakukan bongkar muat ikan di Laut Arafuru, Papua. Kemudian, kapal tersebut terdeteksi di perairan Pulau Jawa dan hendak menuju ke Thailand.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan, bahwa pihaknya hanya bertugas melakukan penangkapan terhadap kapal berbendera Thailand tersebut. Selanjutnya pemeriksaan dan proses hukum akan dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Rate this article!
Tags:
author

Author: