Kapan Jalan Tol Trans Jawa Selesai?

tol

Pewartaekbis~ Nampaknya pemerintah mulai menyeriusi lagi megaproyek pembangunan Tol Trans Jawa. Tol yang terdiri atas Tol Cikampek-Palimanan sepanjang 116,75 km; Pejagan-Pemalang 57,5 km; Semarang-Solo 69,2 km; Solo-Ngawi 49,5 km; Ngawi-Kertosono 49,5 km; Kertosono-Mojokerto 40,5 km, dan Mojokerto-Surabaya 36,27 km.

Seperti yang diwartakan Liputan6.com, pemerintah telah siap mempercepat realisasi mega proyek tol Trans Jawa. Langkah yang ditempuh ialah dengan mendorong pembangunan ruas-ruas tol yang selama ini terkesan mati suri. Pemerintah juga tak segan mengambilalih proyek tersebut apabila memang ‘pemegangnya’ tak jelas.

Bahkan, pembangunan ruas tol Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono yang sebelumnya dipegang oleh PT Thiess Contractors akan diambil alih oleh investor lain yang berminat. Hal itu dikemukakan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera), Basuki Hadimulyono.

“Kalau Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono, Thiess-nya sudah bertemu dengan saya, mereka sudah oke untuk diambil alih oleh siapa pun,” papar Basuki Hadimulyono.

Menurut Basuki Hadimulyono, saat ini sedang dalam proses kontes untuk melihat investor mana yang dianggap paling mampu untuk mengerjakan ruas tol tersebut. Investor dimaksud antara lain PT Jasa Marga yang memang telah menjadi ‘raja’ tol di Indonesia.

“Sekarang mereka sedang tender, salah satunya dengan Jasa Marga. Jadi semacam kontes oleh mereka, untuk nantinya dipilih,” kata Basuki Hadimulyono.

Tol lain yang mungkin akan diambil alih ialah ruas tol Pemalang-Batang dan Batang-Semarang. Namun, saat ini baru proses pemanggilan Badan Umum Jalan Tol (BUJT) dari kedua ruas tersebut.

“Kalau yang Pemalang-Batang dan Batang-Semarang belum ketemu saya, baru akan dipanggil oleh Dirjen BUJT-nya,” lanjut Basuki Hadimulyono.

Rate this article!
Tags:
author

Author: