Kasus Habib Rizieq “Langsung” Masuk Tahap Penyidikan

habib-rizieq-fpi

Jakarta~ Di tengah proses pengadilan kasus penistaan agama yang melilit calon gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama, kepolisian menaikkan status penyelidikan ke penyidikan atas Habib Rizieq Shihab terkait isi ceramahnya yang menyebut ada gambar palu arit dalam lembaran uang rupiah.

“Iya sudah kita naikkan ke tahap penyidikan,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Jakarta Timur (18/1).

Namun, Argo menjelaskan jika status imam besar Front Pembela Islam itu masih tetap sebagai saksi.

“Belum, statusnya (Rizieq) masih saksi,” jelasnya.

Dijelaskan oleh Argo, terdapat tiga organisasi yang melaporkan Rizieq terkait ceramahnya tentang gambar palu arit di rupiah cetakan terbaru. Ia dilaporkan pertama kali pada 8 Januari 2016. Sejak saat itu Argo mengaku polisi sudah meminta keterangan ahli moneter dan pemerhati ekonomi untuk penyelesaian kasus ini.

Seperti diwartakan Kompas, polisi terus mengumpulkan keterangan saksi dan bukti terkait laporan dimaksud. Salah satu hasilnya adalah penyidik memutuskan untuk menaikkan penanganan laporan ini dari tahap penyelidikan ke penyidikan.

Salah satu tokoh sentral aksi superdamai 212 ini dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan perdana dalam kasus ini pada Senin mendatang (23/1). Hasil pemeriksaan besok Senin akan menentukan apakah ia layak dijadikan tersangka atau tidak

Tags:
author

Author: