Kata Menperin, Ada Puluhan Ribu Lowongan kerja di Morowali

kerja

Sulawesi – Ada puluhan ribu lowongan pekerjaan di kawasan industri yang dikelola oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Sulawesi Tengah. Warta ini disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto.

“Hingga Desember 2016, kebutuhan tenaga kerja pelaksana di kawasan industri ini mencapai 11.257 orang dan untuk tenaga kerja level supervisor atau engineer sebanyak 1.577 orang,” sebutnya dalam sebuah keterangan.

Ribuan tenaga anyar etrsebut dibutuhkan saat  pabrik stainless steel berkapasitas dua juta ton dan beberapa industri hilir lainnya telah beroperasi. Pihaknya, memproyeksikan jika pada 2017-2020 ada penambahan kebutuhan tenaga kerja pelaksana mencapai 10.800 orang. Adapun untuktenaga kerja level supervisor atau engineer sebanyak 1.620 orang.

“Jumlah tersebut tentunya akan terus bertambah,” imbuhnya.

Airlangga  juga mengemukakan jika tenaga kerja asing (TKA) juga diperlukan di perusahaan ini. Pasalnya, teknologi yang dipakai di industri smelter dibawa langsung oleh investor negara asal.

“Pada masa konstruksi, perbandingannya untuk TKI 60 persen dan TKA 40 persen. Sedangkan, ketika masa produksi, pada tahun pertama untuk TKI 65 persen dan TKA 35 persen,” katanya kemudian.

Namun, tenaga kerja asing tersebut dipastikan akan kembali ke negaranya saar  masa konstruksi selesai.

“Jadi TKA tidak bekerja di Indonesia selamanya,” katanya kemudian seperti diwartakan Kompas.

Tags:
author

Author: