Kata Menteri Yuddy, Rasionalisasi itu Di Luar Pensiun

phk

Jakarta~ Salah satu terobosan pemerintah di Kabinet Kerja ialah merasionalisasi aparatur negara. Dijelasan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, pemerintah akan mengurangi jumlah pegawai mulai tahun depan hingga 2019.

Berdasaran data dari JPNN,jumlah PNS yang akan dikurangi sekira 1,017 juta PNS. Jumlah tersebut di luar pegawai yang pensiun. Di tahun 2017, jumlah PNS yang dikurangi pada 2017 sebanyak 300 ribu orang.

“Jadi rasionalisasi yang KemenPAN-RB maksudkan itu pensiun dini. Itu bukan PNS yang memang tiap tahun ada yang masuk masa pensiun,” tambahnya.

Khusus untuk posisi PNS yang ditinggal pensiun, Menteri Yuddy menegaskan jika posisi tersebut akan diisi pegawai baru dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Jadi kalau jumlah pensiun 120 ribu, yang direkrut sekitar 60 ribu CPNS. Untuk kekurangannya diisi oleh ‎PPPK. Meski sama-sama status aparatur sipil negara, PPPK tidak terlalu banyak membebani anggaran negara. Sebab masa kerja sesuai kontrak kerja,” pungkasnya seperti diwartaan JPNN

Tags:
author

Author: