Kata Presiden Jokowi, Pekerja China di Indonesia ‘hanya’ 21.000 orang

jokowi

Jakarta ~ Belakangan ini beredar kabar burung mengenai pekerja asal Tiongkok yang membanjiri negeri ini dalam jumlah puluhan juta. Kabar tersebut ditampil oelh Presiden Jokowi. Menurutnya, tidak benar jika jumlahnya mencapai puluhan juta.

“Banyak yang bersuara tenaga kerja Tiongkok yang masuk ke Indonesia sepuluh juta, dua puluh juta, itu yang ngitung kapan?” sebutnya di Karawang (23/12).

Politikus asal Solo ini mengungkapkan jika saat ini tenaga kerja asal China di Indonesia ada di angka 21.000 orang. Jumlah tersebut menurutnya sangat kecil dibandingkan jumlah tenaga kerja Indonesia di negara lain.

“Hitungan kita 21.000 itu sangat kecil sekali. Jangan ditambahi nol terlalu banyak,” lanjutnya dengan gaya tutur yang khas.

Dijelaskan juga oleh presiden, pihaknya memang menargetkan 10 juta turis asal China. Nah angka ini yang mungkin dipelesetkan menjadi tenaga kerja. Selain itu, ia juga menuturkan jika gaji pekerja di China sudah jauh lebih tinggi dari di Indonesia.

 “Mana mau mereka ke sini dengan gaji yang lebih kecil. Ini saya sampaikan agar jangan sampai rumor berkembang di mana-mana,” imbuhnya seperti dikutip dari Kompas.

Tags:
author

Author: