Kawah Ijen, Objek Wisata Tersembunyi di Banyuwangi

(sumber:http://www.potlot-adventure.com/)

 Banyuwangi~ Kabupaten Banyuwangi memang belum cukup dikenal pelancong. Namun, bukan ebrarti salah satu daerah di Jawa Timur ini tak memiliki pesona. Salahs atu destinasi menarik di Banyuwangi ialah Kawah Ijen.

Objek wisata ini merupakan puncak dari gunung Ijen dan merupakan kawah danau. Kawah danau berada diketinggian lebih kurang 2.386 m dpl dengan bentuk elips seluas 960m x 600m. Ketinggian permukaan air danau kawah tersebut tercatat 2.140 m dpl dan kedalaman air danaunya 200 m. Banyak orang percaya jika disinilah danau kawah terbesar di pulau Jawa.

Danau kawah Ijen juga disebut-sebut sebagai kawah paling asam terbesar di dunia. Derajat keasaman kawah tersebut hampir mendekati angka nol sehingga dapat melarutkan pakaian dan bahkan tubuh manusia dengan singkat. Terlebih suhu kawah konon mencapai 200° C.

Sebagai informasi tambahan, objek wisata Kawah Ijen merupakan danau kawah sekaligus taman batu belerang. Di kawah ini terdapat tidak kurang 36 juta meter kubik air dengan kandungan belerang sangat tinggi.

Sekeliling danau kawah terdapat perbukitan hasil dari proses secara alam aktifitas kawah. Nah ini merupakan taman batu belerang yang memesona dan menjadi bagian dari keindahan objek wisata kawah Ijen.

Saat terkena cahaya matahari, warna biru dan hijau keemasan yang terkombinasi secara alami dan serasi akan berpendar serta terpancar sedemikian rupa. Selain itu, pada saat dini hari (sekitar pukul 02.00) danau kawah yang bersuhu mencapai 200° C ini akan menampakkan cahaya berwarna biru kemerahan yang sangat indah. Tertarik?

Tags:
author

Author: