Kebanyakan Fluoride Bisa Mengakibatkan Keracunan

anak-gosok-gigi

Jakarta- Fluoride yang terkandung dalam pasta gigi bermanfaat untuk melapisi email gigi supaya lebih tahan terhadap asam. Asam membuat mineral dari gigi yakni kalsium dan fosfat lepas hingga terjadi demineralisasi. Tapi, kadar asam yang terlalu tinggi akan membuat kalsium dan fosfat larut. Selanjutnya, bisa terjadi lubang pada gigi.

Meski demikian, tubuh memiliki sistem buffer di mana melalui ludah, kondisi asam bisa dinetralisir dan terjadi remineralisasi. Tapi, akan berbeda ceritanya bagi anak-anak yang belum bisa berkumur atau meludah. Risikonya, mereka akan menelan pasta gigi tanpa sengaja.

Dilansir dari Detik.com, drg Suzanty Ariani, SpKGA dari RS Pondok Indah-Pondok Indah mengatakan, tertelanya pasta gigi apalagi yang mengandung fluored berisisko terjadinya fluorosis atau overdosis fluoride.

“Fluorisis mengakibatkan proses pembentukan gigi. Ketika gigi terbentuk, pembentukan email gigi menjadi tidak sempurna. Nah, ketika gigi tumbuh, akan ada bercak putih dan garis kecokelatan pada gigi. Selain pada gigi, penelitian menyebutkan fluoride juga bisa tersimpan di tulang sehingga bisa mencetuskan osteoporosis”, papar drg Suzanty.

Jadi, yang perlu diingat fluoride tidak boleh digunakan berlebihan, begitu juga suplemen fluoride yang banyak beredar saat ini. Sebab, termasuk pada anak-anak penggunaan fluoride yang masuk ke tubuh tidak boleh dalam jumlah yang berlebihan. Terlalu banyak fluroide yang masuk dalam tubuh dapat mengakibatkan keracunan.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari pada anak tertentu dengan risiko gigi berlubang tinggi, boleh sesekali memberi pasta gigi dengan fluoride tinggi. Dengan catatan penggunaannya di bawah pengawasan.

Tags:
author

Author: