Kebiasaan Sehat Kunci Metabolisme Lancar Hingga Usia Tua

brokoli

Jakarta – Metabolisme tubuh yang melambat seiring bertambahnya usia kerap ditandai dengan kegemukan. Kegemukan yang terus bertambah seiring berjalannya usia akan mengundang berbagai macam penyakit.

Dilansir dari Kompas.com,  metabolisme tubuh yang lambat, tandanya tubuh butuh waktu lebih lama untuk memproses kalori menjadi energi. Beberapa cara ini dapat membantu Anda mempertahankan metabolisme tubuh yang sehat.

Pertama, saat mengonsumsi sayur, pilihlah sayuran dengan tekstur “renyah”. Seperti kailan, brokoli, dan jenis sayuran lain yang membuat Anda perlu mengunyah lebih lama saat memakannya.

Hal ini dikarenakan, sayuran dengan batang sedikit keras dan mengandung serat yang tinggi. Sehingga, membuat tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mencerna. Dengan proses ini membantu tubuh meningkatkan pembakaran kalori menjadi energi sebanyak 10 persen.

Begitu juga saat memilih makanan utama dan camilan, pilihah makanan utama dan camilan dengan kandungan protein tinggi. Seperti daging ayam, kacang polong, biji-bijian , ataupun kacang-kacangan. Sebab, di samping membuat terasa lebih kenyang dan puas, protein juga membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna.

Berikutnya, biasakan melakukan olahraga singkat, seperti 20 kali push up atau sesuai kemampuan sebelum makan dan ngemil. Hal ini dilakukan, karena olahraga singkat latihan dapat memacu tubuh membakar kalori lebih banyak, atau sekitar dari 200 kalori sepanjang hari dan juga membuat otot membakar lebih banyak lemak.

Lanjutkan minum teh hijau usai ngemil. Kandungan catechins dalam teh hijau, memiliki antioksidan yang menyehatkan kinerja metabolisme sebanyak empat persen atau sekitar 80 kalori lebih banyak sehari.

Hal yang sebaiknya sering dilakukan agar membantu metabolisme tubuh lancar selanjutnya adalah bergerak setelah 1 jam duduk.  Sebab, duduk selama satu jam atau lebih dapat mengurangi enzim pembakar lemak dalam tubuh sebanyak 90 persen.

Beberapa hal tersebut bisa diterapkan untuk mendapat metabolisme tubuh yang lancar meski bertambahnya usia. Sehingga, dapat terhindar dari kegemukan yang nterus bertambah seiring berjalannya usia dan kesehatan tubuh pun terjaga.

Tags:
author

Author: