Kecelakaan KRL: Sistem Persinyalan Tidak Ada Masalah

kereta

Pewartaekbis~ Terkait dengan insiden tabrakan KRL pada Rabu 23/9), Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Tito Karnavian menyatakan jika sangat kecil insiden tersebut diakibatkan oleh adanya sabotase. Menurutnya, kecelakaan mengenaskan tersebut murni karena faktor human error.

“Saya rasa kecil kemungkinan (sabotase), karena hasil penyidikan bersama KNKT dan PT KAI, sistem persinyalan tidak ada masalah, berarti yang bawa adalah orangnya, human error,” di Mapolda Metro Jaya, Jakarta (25/9).

Berdasarkan hasil investigasi PT KAI, sistem persinyalan KRL yang dikemudikan asisten masinis berfungsi dengan baik. Sal;ah satu yang bermasalah justru sinyalnya.

“Sinyalnya itu ada di tikungan, ada lampu merah seharusnya dia berhenti, tetapi dia lanjut terus,” jelasnya kemudian.

menurut hasil interview, sementara disimpulkan jika kecelakaan tersebut akibat faktor human error.

“Kemungkinan dia memainkan HP, hasil interview asisten masinis mengatakan tidak. Saat itu dia tidak melihat sinyal tersebut,” lanjutnya.

Hingga berita ini diturunkan, penyelidikan kasus kecelakaan saat ini masih ditangani Direktorat Reskrimum Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat.

“Kita akan evaluasi, apa ada tindak pidana Pasal 359 KUHP karena kelalaian sehingga mengakibatkan banyak orang terluka. Ini masih kita pelajari,” pungkasnya seperti diwartakan detik.com.

Tags:
author

Author: