Kemenag Siapkan Bantuan Khusus untuk Siswa Madrasah

kemenag

Pewartaekbis~ Kabar menarik bagi Anda yang memiliki putra/putri di madrasah. Pasalnya, Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Madrasah sudah menyiapkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi 1,9 juta siswa madrasah. Program yang sejatinya bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP) ini diberikan kepada setiap siswa per semester sebesar Rp225.000 untuk siswa MI,  Rp375.000 siswa MTs, dan Rp500.000 untuk siswa MA.

“Berdasarkan data penerima BDM dari SP2D tahun anggaran 2015, untuk pencairan tahap pertama kepada 517.498 penerima sudah mulai diproses pada bulan Juni 2015,” tutur Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan seperti dilansir oleh laman resmi kemenag.go.id.

Dijelaskan oleh M. Nur Kholis, PIP adalah perluasan program BSM. PIP tidak hanya akan menyentuh siswa sekolah atau madrasah formal, tetapi seluruh anak usia sekolah 6–21 tahun. Adapun BSM hanya untuk anak sekolah sehingga santri dan kelompok lainnya tidak tercakup dalam program ini.

“Penerima bantuan PIP ini adalah anak anak usia sekolah 6–21 tahun, baik di sekolah/madrasah/santri murni yang merupakan anak dari orang tua yang terdata pada PKH dan PMKS di Kemsos,” terangnya.

Terdapat 3 kategori penerima BSM. Ketiganya adalah para pemegang KPS 2014, para peserta keluarga harapan (PKH), dan para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Sementara itu, Kemendikbud dan Kemenag didaulat menjadi eksekutor yang dalam pelaksanaannya berkordinasi dengan Kemsos.

Tags:
author

Author: