Kemenhub Berhasil Selamatkan Uang Negara Rp1,12 Triliun

rupiah

Jakarta~ Setelah muncul berita kementerian yang dipimpin oleh Menteri Susi berhasil mengirit banyak anggaran, kini muncul berita tentang  keberhasilan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 1,12 triliun selama 2015.

“Dari temuan ini kan ada rekomendasinya. Ada yang mengembalikan uang, motong harga, dikenakan denda, dan sebagainya. Sampai saat ini kami sudah menarik kerugian negara Rp 1,12 triliun selama 2015 dan sudah masuk kas negara,” jelas Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan, Chris Kuntadi imbuh di gedung BPK  (14/4).

Ia juga menerangkan jika hasil temuan pada 2015 menurun dari 2014 yang mencapai 4.130 temuan. Menurutnya, penurunan ini antara lain karena  peranan Inspektorat Jenderal Kemenhub yang tidak hanya bertindak sebagai auditor tapi juga sebagai pendampingan.

“Misalnya ada Surat Edaran Menteri Perhubungan no.50 tahun 2015 bahwa paket pengadaan yang nilainya di atas Rp 10 miliar harus di review oleh Itjen sebelum dilelangkan. 3 bulan kami sudah review dan motong harga dan ketika kita potong maka tawarannya akan lebih rendah lagi. Artinya ada efisiensi penghematan,” tambahnya seperti diwartakan merdeka.com.

Tags:
author

Author: