Kenali Gejala Sakit Pada Bayi Serta Perawatannya

gigi

Pewartaekbis- Melihat anak tumbuh dengan sehat adalah harapan semua orang tua. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengenali gejala-gejala dan penyakit yang biasa diderita oleh bayi. Di bawah ini ada beberapa penyakit yang biasa dialami oleh bayi, disertai gejala dan perawatannya:

1. Batuk-Pilek
Gejala: hidung berair, hidung tersumbat, disertai batuk dan demam.

Perawatannya: Saat bayi tidur, posisikan kepala lebih tinggi dari badan. Untuk mengurangi penyumbatan hidung, jauhkan  si kecil dari ruang ber-AC. Apabila  si kecil tidak sulit bernafas karena hidungnnya tersumbat, beri obat tetes hidung 1-2 tetes pada masing masing lubang. Kemudian, keluarkan lendir dengan penyedot ingus (nasal adaptor).

Masa sakit: 2-3 hari. Jika masih batuk setelah lebih dari 3 hari segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

2. Infeksi telinga
Gejala: demam ringan atau tinggi, letih, mudah menangis, telinga mengeluarkan bau tak sedap. Si kecil merasakan nyeri dan sangat terasa di malam hari, sehingga ia akan menjadi rewel.

Perawatan: segera bawa ke dokter, dan beri obat tetes telinga yang di sarankan dokter secara teratur.

Masa sakit: 2-3 hari

3. Diare
Gejala: muntah, disertai atau tanpa demam, tinja cair dengan frekuensi BAB lebih dari 3 kali sehari.

Perawatan: perbanyak pemberian ASI untuk bayi yang masih dalam masa ASI ekslusif. Untuk bayi yang sudah makan, kurangi pemberian makanan padat dan susu formula. Konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan obat diare. Untuk menghindari iritasi, segera ganti popok dan olesi salep diapers.

Masa sakit: 2- 3 hari. Untuk diare parah (lebih dari 3 hari), segera bawa si kecil kedokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan menghindari terjadinya dehidrasi.

4. Muntah atau Gumoh
Gejala: si kecil mengeluarkan kembali susu yang diminumnya.

Perawatan :  sendawakan si kecil, ubah posisi tidurnya untuk menghindari bagian perutnya tertekan. Segera bawa kedokter apabil frekuensi  muntah sering dan si kecil tampak membiru.

Demikian beberapa informasi terkait penyakit yang biasa di alami bayi serta gejala dan penangannya. Sehingga, saat si kecil mengalami sakit seperti tanda-tanda diatas, orang tua dapat segera melakukan penanganan yang tepat.

Tags:
author

Author: