Kenapa Di RS Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Tidak Ada Kasir?

rs

Bogor- Dompet Dhuafa memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin. RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa bahkan tidak menyediakan bagian kasir, pasien hanya diberikan billing berupa lembaran kertas dan jumlah dana zakat yang digunakan. RS tersebut memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin yang tergabung sebagai member dan juga peserta Jaminan Kesehatan Nasional.

Fariha, Kepala Bagian Humas dan Marketing RS RST mengatakan bahwa sudah menjadi kebijakan Yayasan Dompet Dhuafa selaku pemilik RS untuk menghilangkan kasir di rumah sakit ini. Sebagaimana dilansir detikHealth, pasien yang sudah selesai berobat diberikan billing yang berisikan jumlah dana zakat yang sudah terpakai untuk pengobatan.

Menurut Fia, billing yang diberikan oleh pihak rumah sakit bukanlah berupa tagihan, melainkan sebagai pengingat berapa dana zakat yang sudah dikeluarkan untuk membiayai pengobatan orang tersebut. Billing juga diberikan kepada pasien pemegang kartu BPJS. Adapun fungsi utama billing adalah sebagai pengingat. Jika, dikemudian hari pasien memiliki rezeki dan sudah tak lagi menjadi dhuafa, ia bisa saja kembali ke RS RST untuk mengganti dana zakat yang sudah pernah digunakan.

“Ada yang ganti cuma setengahnya, ada yang seperempat, ada yang nggak ganti sama sekali juga. Kami tidak masalah, tapi billing tetap diberikan,” tutur Fia.

Sementara pada pasien BPJS, pihak rumah sakit akan melakukan klaim ke kantor BPJS terdekat, yakni BPJS Kabupaten Bogor. Proses ini sama dengan rumah sakit-rumah sakit lain yang sudah bekerja sama dengan BPJS. Dan untuk non-member, billing akan tetap diberikan dan pihak rumah sakit akan menjelaskan bahwa dana yang dipakai merupakan dana zakat dari masyarakat untuk kaum dhuafa. Diharapkan dengan adanya penjelasan tersebut, mereka akan mau mengganti dana zakat yang terpakai.

Namun, meskipun demikian, Fia mengatakan, bahwa pihaknya tidak bisa memaksa orang untuk membayar ganti pengobatan tersebut. Hanya saja pihaknya mengembalikan pada pasien, bahwa dana yang digunakan adalah dana zakat untuk dhuafa.

“Kalau bukan dhuafa, kira-kira pantas nggak memakainya?” kata Fia.

Tags:
author

Author: