Kenapa Ya? Program Sejuta Rumah Pemerintah Belum Terealisasi?

rumah

Jakarta- Sebelumnya, langkah nyata pemerintah sangat perlukan demi mengurangi backlog (angka kebutuhan rumah) yang hingga hini sudah mencapai belasan juta unit. Oleh karena itu, beberapa waktu lalu pemerintah mengemukakan program membangun sejuta rumah di tahun 2015 ini. Namun, hingga kini telah memasuki bulan ketiga tahun 2015 program tersesebut belum teralisasi.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Penyediaan Rumah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Syarif Burhanudin mengatakan, realisasi program pembangunan rumah yang rencana akan dimulai, hingga saat ini belum bisa diketahui kepastiannya.

Syarif mengatakan, pemerintah hanya memegang tanggung jawab 10 persen dari program satu juta rumah. Dan selebihnya, dikerjakan oleh pengembang. Oleh karena dari segi jumlah rumah yang dibangun, pengembang diberikan tanggung jawab dan beban lebih banyak ketimbang pemerintah. Maka, pengembang pun memiliki beban tanggung jawab yang lebih banyak dalam hal pembebasan lahan. Terkait lahan yang sudah siap dibangun sepenuhnya, Syarif mengaku baru ada di Jawa Tengah. Namun, Ia belum tahu secara pasti daerah mana yang akan terlebih dahulu dibangun.

Syarif mengatakan hal ini dikarenakan semuanya masih dalam tahap proses, baik masih dalam pengecekan lahan dan kesiapan pemerintah daerah. Menurut Syarif, sebelum benar-benar dibangun, lahan perlu dipastikan sudah siap atau sudah tidak terkendala masalah pembebasan lagi.

Tags:
author

Author: