Keputusan Monumental Setelah 71 Tahun Merdeka

pancasila

JAKARTA— Lahirnya Pancasila tidak terlepas dari pidato Bung Karno sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945 silam. Setelah hampir 71 tahun kemerdekaan Indonesia, akhirnya pemerintah memutuskan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Dilansir dari Kompas.com, dalam acara peringatan pidato Bung Karno di Bandung pagi tadi (Rabu, 1 Juni 2016), Presiden Joko Widodo secara resmi telah menetapkan tanggal 1Juni sebagai Hari Lahir Pancasila.

Keputusan tersebut secara resmi ditandatangani Presiden Jokowi di hadapan tokoh nasional. Keputusan ini sekaligus melengkapi Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 yang telah menetapkan 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi.
Ketua Fraksi PDI Perjuangan di MPR, Ahmad Basarah, menilai keputusan tersebut merupakan sejarah dalam perkembangan ideologi bangsa.

“Keputusan tersebut akan menjadi sebuah keputusan monumental bagi upaya bangsa Indonesia mengembalikan roh dan jiwa Pancasila sebagai ideologi bangsa,” kata Basarah dalam keterangannya, Rabu (1/6/2016).

Tags:
author

Author: