Kereta yang Dibuat Dikatakan Tak Layak, Ini Jawaban PT INKA

kereta

Pewartaekbis~ Kritik pedas dilayangkan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan kepada PT Industri Kereta Api (INKA). Sang menteri menilai kereta yang diproduksi perusahaan berplat merah tersebut tak layak untuk angkutan manusia.

“Kalau memang untuk gerbong barang boleh karena tidak terlalu complex. Atau juga untuk wagon, kereta penumpang yang ditarik lokomotif boleh. Tapi kalau yang model KRL, KRD, dan lain sebagainya itu sebaiknya tidak usah. Apalagi bikin trem,” sebut Jonan (20/7).

Menanggapi kritikan tersebut, PT INKA pun menyatakan kesiapannya untuk berbenah. General Manager Perencanaan Perusahaan dan General Afffair PT INKA, I Ketut Astika, menyatakan pihaknya akan segera meminta klarifikasi agar bisa menindaklanjuti kritik dari Jonan.

“Jika saat ini kereta kami dikatakan kurang memenuhi keselamatan dan kualitas tentunya akan kami perhatikan secara khusus. Kami akan melakukan klarifikasi kepada otoritas terkait secara lebih detail tentang poin-poin yang dimaksud untuk bisa kami tindaklanjuti,” papar I Ketut Astika seperti diwartakan Kompas.

Meski demikian, ia menyatakan jika PT INKA telah mengacu kepada standar-standar industri dan mutu internasional, seperti ISO, UIC, EN, JIS/JRS.

“Sebelum dioperasikan, kereta-keretanya juga sudah melalui serangkaian pengujian sesuai standar yang berlaku dan saat itu dinyatakan laik,” lanjutnya.

Tags:
author

Author: