Kiai Idham Chalid ada di Uang Rp5000, ini Kata Ketum PBNU

said

Jakarta~ Dari deretan tampilan uang baru yang diluncurkan beberapa waktu lalu, ada satu tokoh Nahdlatul Ulama yang menjadi sebagai gambar utama. Tokoh dimaksud ialah KH Idham Cholid yang dijadikan sebagai gambar dalam pecahan 5000.

Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas pencantuman tokoh ini

“Untuk mengabadikan jasa-jasa beliau. Memang sudah layak pahlawan dari NU menghiasai mata uang,” jelas kiai Said (20/12).

Kiai Idham Chalid  juga disebutnya sangat berjasa dalam meredam situasi nasional yang sangat panas.

“Sekitar tahun 1965. Ketika ada G 30 S, beliau memediasi semua pihak sehingga berjalan dengan tenang. Dan selalu, kalau ada persoalan, Pak Idham selalu jadi penengah,” imbuhnya.

Sosok yang menyandang gelar doktor dari Universitas Ummul Qura Saudi Arabia ini juga menyatakan jika Kiai Idham Chalid selalu berpegang pada konstitusi.

“Mesir menghormati NU karena peran beliau,” jelasnya kemudian.

Sebagaimana diwartakan nu.or.id, KH Idham Chalid lahir pada tanggal 27 Agustus 1921 di Amuntai, Kalimantan Selatan. Ia menjadi Ketua Umum PBNU pada usia relatif muda, 34 tahun. Dari ketua-ketua umum yang lain, ia merupakan yang terlama. Selain itu, Kiai Idham mendapat gelar doktor honoris causa dari Al Azhar university.

Tags:
author

Author: