Kini, Pengesahan STNK “Juga” Dikenakan Tarif

Plat nomor STNK

Jakarta – Berdasarkan Peraturan Pemerintah No 60 Tahun 2016, ada penambahan biaya kepengurusan surat-surat kendaraan. Dalam regulasi anyar ini juga ada biaya yang belum pernah ada, yaitu pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Seperti diwartakanotomania.com, pengesahan pajak tertera pada empat kolom di bagian pojok kanan bawah. Pengesahan ini sebelumnya tidak dikenakan biaya alias gratis. Sementara itu, dalam regulasi anyar  pengesahan STNK kini dikenakan biaya. Rp 25.000 untuk roda dua atau tiga dan Rp 50.000 buat roda empat atau lebih.

“Itu merupakan hal yang baru, sama juga dulu dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor pilihan tidak ada, sekarang ada. STNK Lintas Batas Negara juga sekarang diberlakukan,” sebutKepala Bidang Regident Korlantas Polri, Kombes Pol Refdi Andri (4/1/2017).

Disebutkan juga oleh Refdi,  pengesahan STNK nantinya akan masuk dalam Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran. Selain pengesahan STNK, pemilik kendaraan juga diwajibkan membayar Pajak Kendaraan Bermotor dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

“Setelah dibayar nanti dikeluarkan tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran,” tandasnya.

Tags:
author

Author: