KKP Kirimkan Anggotanya untuk Belajar di Port Lincoln Australia

kkp

Adelaide – Pemerintah Australia melalui Australia Award mendatangkan 25 orang dari Departemen Kelautan dan Perikanan RI mengunjungi Port Lincoln, Australia Selatan, guna melihat usaha perikanan yang terintegrasi dan berkelanjutan. Hal ini dilakukan untuk mendorong keberlanjutan usaha periknanan Indonesia.

Dilansir dari Kompas.com, Dr Paul McShane dari Monash University yang memimpin program ini dalam wawancaranya menjelaskan rombongan ini terdiri atas pejabat level menengah dan senior dari kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia.

Dr Mc Shane mengatakan, saat ini sumber protein terpenting bagi masyarakat Indonesia (hasil perikanan) sedang mengalami ancaman. Praktek penangkapan yang destruktif serta illegal fishing tidak hanya mengancam keamanan pangan namun juga kesejahteraan warga Indonesia.

Oleh karena itu, Dr McShane mengungkapkan, sangat penting mengubah Indonesia menghasilkan usaha perikanan yang berkelajutan, sala satunya dengan program ini.

“Indonesia memiliki lebih dari 16 ribu pulau dengan sumberdaya pesisir yang melimpah dan jumlah penduduk lebih dari 220 juta. Dengan menghubungkan sumberdaya satu sama lain, memanfaatkan sumberdaya secara berkelanjutan, maka hal itu merupakan jalan menuju kesejahteraan,” ujar Dr McShane.

Tags:
author

Author: