Kondisi HIV/Aids DKI Jakarta

hiv

Jakarta~ Sudah menjadi rahasia umum jika hubungan seksual dengan yang bukan suami/istrinya rentan dengan bahaya AIDS. Data yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) DKI Jakarta, dari penderita AIDS sebanyak 32.782 di Ibu Kota, sebanyak 70-80 persennya tertular dari hubungan seksual. Hal itu dituturkan langsung oelh Kepala Bidang Monitoring dan Evaluasi KPAP DKI Jakarta, John Alubwaman.

“Selama tiga sampai empat tahun terakhir, 70-80 persen penularan HIV di Jakarta berasal dari hubungan seksual, sementara 20-40 persen bersumber dari penggunaan jarum suntik, dan sisanya berasal dari transfusi darah,” sebut John seperti diwartakan Kompas.

Masih menurut John, di DKI Jakarta terdapat cukup banyak orang yang berisiko atau populasi kunci KPAP. Mereka antara lain wanita pekerja seks 11.862 orang, waria 1.206 orang, dan lelaki seks dengan lelaki (LSL) 4.465 orang.

Oleh karena itu, KPAP DKI Jakarta memiliki kelompok kerja di lokasi berisiko untuk memberikan informasi tentang pencegahan penyebaran HIV kepada para pekerja seks.

“Selain itu, kami juga bekerja sama dengan dinas kesehatan untuk menyediakan jasa dokter keliling yang bertugas melakukan pemeriksaan di lokasi-lokasi berisiko tersebut,” sebutnya.

Wilayah penyebarannya menurut John tersebar di sejumlah wilayah.

“Semua wilayah Ibu Kota memiliki lokasi seperti itu. Yang agak lebih sedikit itu Kepulauan Seribu. Namun, jumlah lelaki berisiko tingginya cukup banyak karena pekerjaan mereka rata-rata nelayan yang sering meninggalkan rumah,” imbuhnya

Rate this article!
Tags:
author

Author: