Kopi Luwak Buatan Mahasiswa Universitas Jember Menangkan Kompetisi di Taiwan

kopi-luwak

Jember – Saat ini kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia. Kopi asal Indonesia kian digemari oleh konsumen dari berbagai penjurut dunia hingga data menunjukkan jika negeri ini merupakan negara pengekspor kopi keempat di dunia.

Beberapa fakta ini membuat tiga mahasiswa asal Universitas Jember melakukan bergagai eksperimen untuk membuat kopi luwak varian baru. Hasilnya, Tri Angga Maulana, M. Ali Firdaus dan Bagas Rizky Aldiano sukses membuat kopi luwak dengan cara yang baru yakni dengan teknik artifisial.

Teknik dimaksud dilakukan dengan meniru proses pengolahan biji kopi yang semula harus melewati lambung luwak, diubah dengan cara konvensional. Dengan demikian, kopi yang dihasilnya dapat menyerupai cita rasa kopi luwak asli. Hasil dari temuan ini mereka menamakan kopi Kolutan alias Kopi Luwak Buatan.

“Yang membedakan kopi luwak artifisial kreasi kami dengan yang lain adalah pada kadar cita rasa dan aromanya. Dari tes cita rasa dan aroma yang dilakukan oleh Pusat Kopi dan Kakao Jember, kopi luwak artifisial kami mendapatkan nilai 85,25. Sementara nilai cita rasa dan aroma kopi luwak yang asli adalah 86, jadi kopi buatan kami sudah mirip dengan kopi luwak asli,” sebut Tri Angga Maulana seperti diwartakan otonomi.co.id (2/1).

Temuan ini membuat mereka sukses memboyong medali emas dalam ajang Kaohsiung International Invention and Design Expo di Kaohsiung, Taiwan 9-11 Desember lalu. Saat dipamerkan di ajang yang sama, banyak pengunjung yang tertarik meminum kopi buatan mereka.

Tags:
author

Author: