Kopi Produk Pesantren ini Sudah Diekspor

kopi

JAKARTA – Warta menarik dari Provinsi Jawa Timur. Koperasi Mukmin Mandiri asal Sidoarjo sukses mengekspor kopi bubuk dengan merek dagang ‘Mahkota Raja’ ke berbagai negara.

Yan menarik, koperasi ini berada di naunan Pesantren Mukmin Mandiri yang merupakan pesantren agro bisnis, agro industri yang berbasis kopi.

“Pesantren Mukmin Mandiri sebagai pesantren agro bisnis, agro industri yang berbasis kopi, mampu menangkap peluang ekspor kopi ke luar negeri,” tutur Muhammad Zakki, pemimpin Koperasi Mukmin Mandiri (15/8).

Menurut keteranan Zakki, kopi dengan merek “Mahkota Raja” ini sebelum diproduksi didoakan terlebih dahulu. Tak tanggung-tanggun, ada santri yang ditugaskan khusus untuk membaca Qur’an dan sholawat nabi.

“Jenis kopi ada robusta dan arabika. Sebelum diproduksi didoakan dulu dengan menghatamkan Al-Quran dan bacaan sholawat Nabi, itu menjadi ciri khasnya,” lanjut Zakki.

Seperti diwartakan Kompas, produksi kopi Mahkota Raja saat ini sudah mencapai 60 ton per triwulan. Ekspornya antara lain ke Malaysia, Singapura, dan Melbourne Australia.

“Bulan November ekspor ke Dubai,” terang Zakki.

Untuk pasar lokal, kopi Mahkota Raja dijual antara Rp 35.000 sampai Rp 40.000 per kilogram.

“Kalau ekspor sekarang ini sudah dua kali lipat sekitar Rp 75.000 sampai Rp 80.000 per kilogram,” bebernya.

Tags:
author

Author: