Korea Utara dan Korea Selatan Perang Lagi?

korea

Korea~ Malam tadi (20/8) roket berterbangan di beberapa sudut Korea Utara dan Korea Selatan. Maklumlah, hubungan kedua negara tersebut memang tengah mendidih. Beruntung, tak ada korban ataupun kerusakan yang dilaporkan dari serangan roket itu.

Seperti dilansir The New York Times, kontak senjata antardua negara ini kembali terjadi setelah tak ada saling serang selama lima tahun. Hubungan keduanya menanas antara lain dipicu oleh salah satu tentara Korea Selatan yang kehilangan satu kakinya karena menginjak ranjau di zona demiliterisasi. Tidak lama setelah kejadian tersebut, Korea Utara dituding melancarkan serangan lain.

Disebutkan oleh kantor berita Korea Selatan, Yonhap menurunkan laporan bahwa serangan kedua ini melibatkan beberapa kali tembakan yang diduga berasal dari senjata 76,2 milimeter. Tentu Korea Selatan enggan berpangku tangan. Mereka membalas dengan puluhan tembakan dari artileri 155 milimeter.

“Militer kami meningkatkan kewaspadaan ke tingkat tertinggi usai pergerakan militer Korea Utara. Kami harus meresponsnya dengan tegas,” sebut seorang juru bicara militer Korea Selatan, Kolonel Jeon Ha-Gyu.

Akibat insiden ini, ada ratusan orang dari dua desa di wilayah Yeoncheon yang terpaksa dievakuasi. Meski belum ada korban jiwa dan kerusakan lain, antisipasi dini sudah diambil para pejabat setempat dengan menempatkan warga di tempat-tempat penampungan.

Sumber: JPNN

Tags:
author

Author: