KPK Lakukan OTT, Seorang Pejabat Bakamla Diringkus

kpk

Jakarta~ Untuk kali kesekian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sukses melakukan operasi tangkap tangan alias OTT. Dalam aksinya ini, KPK sukses membekuk Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Eko Susilo Hadi.

Dalam aksinya kali ini, KPK menyita sejumlah uang dan kendaraan.

“Sampai saat ini telah dilakukan penyitaan sejumlah uang dan kendaraan,” jelas Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, dalam keterangannya di Gedung KPK Jakarta (14/12).

Dijelaskan oleh Febri, uang yang disita jumlahnya cukup signifikan. Namun, jumlah pastinya masih belum diketahui karena masih dihitung oleh pihak KPK. Adapun kendaraan yang disita dalam OTT ialah satu unit kendaraan Toyota Fortuner milik salah satu dari empat orang yang ditangkap.

OTT KPK malam tadi dilakukan di dua lokasi di Jakarta. Eko Susilo tak sendiri, KPK juga membekuk tiga orang lainnya yang diduga sebagai pihak swasta pemberi suap.

“Perkaranya terkait proyek pengadaan yang prosesnya, implementasinya sedang berjalan saat ini,” imbuhnya seperti diwartakan Kompas.

Dijelaskan oleh Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya Ari Soedewo, Eko merupakan pegawai yang berasal dari Kejaksaan. Ia merangkap sebagai pelaksana tugas Sestama selama tujuh bulan. Dengan kata lain, Eko menjadi kuasa pengguna anggaran pengadaan barang di lingkungan Bakamla.

Diwartakan Kompas, Bakamla saat ini tengah mengarap beberapa proyek pembangunan di beberapa daerah. Nominal anggaran dalam seluruh proyek tersebut cukup fantastis, yakni 400 miliar rupiah.

Tags:
author

Author: