Krisis Venezuela: Banyak orang Tua Serahkan Anaknya Secara “Gratis”

ilustrasi

ilustrasi

Venezuela –Krisis ekonomi yang berkepanjangan di Venezuela membuat banyak orang gelisah. Bahkan beberapa orang tua di Venezuela nekat menyerahkan anaknya secara cuma-cuma kepada orang lain

Zulay Pulgar merupakan salah satunya. Ibu rumah tangga ini menawarkan anaknya kepada tetangga pada Oktober 2016 karena kesulitan menanggung beban ekonomi.

“Lebih baik anak saya berada pada keluarga lain dari pada terjerumus prostitusi, narkoba atau bahkan mati kelaparan,” sebut Zulya seperti dilansir dari detik.com.

Memang belum ada data resmi dari pemerintah setempat terkait jumlah orang tua yang memberikan anaknya secara cuma-cuma. Akan tetapi, hingga saat ini dilaporkan oleh beberapa lembaga kemanusiaan bahwa angka tersebut melonjak tajam dalam beberapa bulan terkhir.

Petugas pusat pelayanan masyarakat di Carirubana, Maria Salas, menerangkan jika setiap hari ada lebih dari 12 orang tua yang ingin menyerahkan anak. Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu yang berkisar 1 orang tua setiap harinya.

“Motif utamanya adalah karena kekurangan makanan,” kata sang petugas.

Dijelaskan oleh Maria, petugas sebenarnya terus berupaya untuk meminta pemerintah serius menangani hal ini. Akan tetapi, pihaknya memandang pemerintah belum merespon permintaan tersebut dengan apik.

Untuk diketahui, Venezuela mengalami krisis kebutuhan dasar seperti obat-obatan dan makanan akibat inflasi yang melanda negara itu tahun lalu. Kebijakan yang dibuat pemimpin negara ini dinilai membuat harga minyak yang diproduksi Venezuela turun drastis.

Tags:
author

Author: