Kritik dan Pujian Anies Baswedan untuk Ahok

mendikbud anis baswedan

Jakarta – Ingar bingar politik jelang Pilgub DKI Jakarta 2017 terus memanas. Bakal calon gubernur, Anies Baswedan, bahkan beberapa kali mengomentari kinerja Ahok selama menjabat gubernur DKI Jakarta. Menurutnya, Ahok selama ini minim program saat memimpin DKI Jakarta.

Selain mengkritik, mantan Mendikbud ini juga mengapresiasi Ahok yang tak segan melanjutkan program pemimpin sebelumnya. Ia mencontohkan kebersihan sungai bersih di ibu kota selama ini merupakan lanjutan rencana Fauzi Bowo, gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012.

“Sebagai contoh, kita menyaksikan sungai-sungai bersih bukan? Programnya dirancang tahun 2009 oleh pak Fauzi Bowo, lalu mulai dilaksanakan mulai akhir pemerintahan Pak Fauzi Bowo. Diteruskan oleh bapak Jokowi, dua tahun terakhir ini diteruskan oleh bapak Basuki. Jadi kesinambungan yang baik itu penting,” sebut Anies kemarin (30/9).

Menurutnya, ibu kota memang perlu berbenah lebih rapih. Terlebih dengan kenyataan bahwa banyak permasalahan yang hadir di Jakarta.

“Jakarta banyak masalah, jangan pilih pemimpin yang mengadakan masalah. Yang dibutuhkan suasana positif, dialog ada, komunikasi ada. Sehingga masalah bisa diselesaikan dengan cara terhormat,” imbuhnya.

Sosok yang dipandang memimpin dengan berdialog ialah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Selama menjabat sebagai gubernur DKI, politikus asal Solo ini mempunyai cara lebih santun terutama dalam melakukan penggusuran.

“Ketika era Pak Jokowi juga kan ada penggusuran, tapi dengan suasana yang berbeda karena itu kita ingin kembalikan (seperti dulu),” terang Anis beberapa hari lalu

Tags:
author

Author: