Kuliner yang ‘WAJIB’ Anda Coba Ketika di Kabupaten Sragen

soto

Sragen~ Jika berkunjung ke Kabupaten Sragen, jangan lupa untuk membeli keripik tempe di Kecamatan Sambungmacan. Lokasi penjualannya sangat strategis, di samping jalan raya Sragen- Ngawi. Cara pembuatan tempe kripik ini cukup hiegenis dam menggunakan kedelai super yang khusus sehingga rasa keripik tempenya sangat renyah dan lezat.

Serlain itu, jangan lupa untuk mencicipi soto girin khas kabupaten ini.  Soto ini merupakan masakan khas Kabupaten Sragen yang cara memasaknya menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat. Perapiannya bukan dengan gas, tetapi menggunakan arang atau kayu bakar. Inilah yang konon menjadi salah satu kunci kenikmatan cita rasa soto girin.

Seperti soto pada umumnya, soto girin berisi nasi putih, taoge, dan irisan seledri segar dan kuah kaldu hangat. Jika suka Anda dapat meminta taburan daging sapi dan bawang goreng diatasnya. Semua bumbu yang digunakan untuk memasak soto girin berasal dari bahan-bahan tradisional sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Mungkin Anda penasaran, mengapa disebut soto girin? Ternyata, dulu pembuatnya bernama Mbah Girin. Beliau mulai merintis membuka warung soto sejak tahun 1954 yang lalu, dan diwariskan secara turun temurun kepada anak-anaknya. Meski telah lintas generasi, rasa soto ini tetap nikmat dan khas.

Makanan khas lain yang ada di Kabupaten Sragen ialah sate kambing banaran. Sate kambing Banaran memiliki ciri khas yang menarik bagi para pecinta kuliner, bumbu sate yang khas menciptakan cita ini tersendiri bagi yang mencicipinya. Penasaran? Datang saja ke Warung Makan Ora Nyono yang terletak di Jalan Raya Timur KM 16 Banaran.

Tags:
author

Author: