Kulon Progo “ekspor” Cabai Merah ke Tanjung Pinang

cabai

Kulon Progo – Warta menarik dari Kulon Progo. Salah satu kabupaten di DI Yogyakarta ini telah bekerja sama dengan Kota Tanjungpinang di Provinsi Kepulauan Riau untuk memasok cabai merah. Kerja sama ini dilatari oleh oleh sulitnya pasokan cabai merah ke daerah Tanjungpinang.

Disebutkan oleh Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, harga cabai merah pada hari-hari biasa mencapai Rp70 ribu per kilogramnya. Harga tersebut bisa menjadi lebih dari Rp100.000 saat hari-hari besar.

“Kami terus berupaya memenuhi kebutuhan akan cabai merah dan menjaga stabilitas harga, sehingga nantinya tidak memberatkan masyarakat,” terang Lis Darmansyah.

Nota kesepahaman antara dua kabupaten ini diharapkan mampu mendatangkan kontribusi positif serta menguntungkan sektor ekonomi kedua belah pihak.

“Tidak hanya itu, MoU ini juga berlaku untuk produk-produk unggulan lainnya, sehingga diharapkan dapat memenuhi sektor perekonomian dan perdagangan di Tanjungpinang,” imbuh Lis

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Budi Antono menerangkan jika Kulon Progo dapat memanen cabai dalam jumlah besar dan terbilang surplus. Produksi cabai merah Kulon Progo pada tahun 2014 mencapai 12 ribu ton di atas lahan 1.500 hektar. Jumlah tersebut pada tahun 2015 meningkat di angka 16 ribu ton di atas tanah 1.300 hektar.

Berdasarkan data ini, Budi Antono berharap daerahnya sedikit banyak dapat membantu pemenuhan kebutuhan Tanjungpinang.

“Selain itu, yang terpenting adalah dapat terjalin hubungan yang saling menguntungkan dan mengangkat kesejahteraan petani maupun masyarakat pada umumnya,” tandasnya seperti diwartakan otonomi.co.id.

Tags:
author

Author: