Lamongan Sukses Terapkan Pertanian Jagung Modern

jagung

Lamongan~ Kabar baik datang dari sektor pertanian. Sebuah sentra budi daya jagung di Provinsi Jawa Timur sukses mengimplementasikan pertanian modern dari Amerika Serikat. Sentra dimaksud ada di Desa Banyubang, Lamongan, Jawa Timur.

Hasilnya, produktivitas jagung Lamongan yang sebelumnya rata-rata 5,8 ton per hektare dari hasil ubinan meningkat menjadi rata-rata 10,6 ton per hektare dengan komoditas jagung jenis hibrida.

Dikemukakan oleh Bupati Lamongan Fadeli, hasil produktivitas paling rendah hanya delapan ton dan yang tertinggi mencapai 12,71 ton per hektare. Adapun budi daya jagung yang diuji coba terdiri atas sebal variates. Jumlah tersebut sudah termasuk lima varietas unggulan yang menghasilkan produktivitas lebih dari sepuluh ton per hektare.

Sebagaimana diwartakan JPNN, produktivitas jagung di Lamongan meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2015 produktivitasnya mencapai 323 ribu ton per tahun, meningkat menjadi 340 ton di tahun 2016. Sementara itu, di tahun 2017 tercatat kenaikan minimal 50 ribu ton  dengan adanya pilot project pertanian modern.

Tags:
author

Author: