Langkah-Langkah Menjadi Orang Tua yang Bijak

ortu

Pewartaekbis- Menabung untuk dana pendidikan, dana pensiun, dan kesehatan, tahapan imunisasi anak, cuaca yang tidak terkendali, ancaman teror, dan lainnya, pada dasarnya itu hanya menempatkan Anda pada kondisi stres yang tak berkesudahan. Berikut tiga cara anti-stres yang bisa Anda, para orangtua, terapkan di tahun 2014 seperti dilansir Babble.com:

1. Terbuka dan Mau Mencoba Hal Baru
Jangan biarkan kekhawatiran Anda membatasi kreativitasnya. Yang penting, dampingi terus saat anak berlatih dan penuhi semua standar keamanannya.

2. Bijak Menyerap Informasi
Bijaklah menyerap informasi yang tepat dengan gaya pengasuhan dan kebiasaan keluarga Anda. Tidak semua informasi yang Anda dapatkan dari media menyenangkan hati. Meski bermanfaat dan menambah wawasan Anda, pasti ada dari informasi itu yang membuat Anda khawatir, terutama informasi seputar anak. Jangan “telan” mentah-mentah semua info yang Anda dapat. Belum tentu juga Anda mengalami pengalaman buruk orang lain.

3. Jangan terlalu memaksakan anak untuk meniru orang lain
Dalam dunia parenting, tiap orang punya pengalaman yang berbeda. Apa yang Anda lihat sempurna pada keluarga lain, belum tentu bisa sempurna jika Anda terapkan pada keluarga Anda. Jadi, berhentilah khawatir atau panik dengan hal-hal yang belum tentu sesuai dengan Anda.

4. Jadilah lunak tetapi tegas
Anda tidak perlu bersikap galak supaya ditakuti, karena anak akan tetap sembunyi-sembunyi melakukan sesuatu yang tidak disetujui. Bersikaplah lunak, tetap menjadi teman mereka, menerima curahan hati mereka. Namun, Anda juga harus bersikap tegas dalam memberi aturan.

5. Berikan kepercayaan
Ajarkan hukum dan peraturan yang benar, berikan dasar agama untuk memupuk budi yang luhur sejak dini. Dan yakini bahwa dasar yang diberikan akan membentengi anak dari hal-hal yang tidak terpuji.

6. Berikan kasih sayang tanpa syarat
Tetaplah tunjukkan kasih sayang kepadanya, biarpun anak melakukan kesalahan, jangan kucilkan dia. Sebab, sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk membimbing anaknya kembali ke jalan yang benar. Kasih sayang Anda akan melunakkan perasaannya dan membuat dia sadar.

Memang sulit menjadi orang tua yang bijak, diperlukan kesabaran dan ketekunan. Namun, bila Anda memupuk ikatan batin yang kuat dengan mereka sejak kecil, percayalah Anda dapat membina hubungan yang baik dan menjadi orang tua yang bijak bagi anak Anda.

Tags:
author

Author: