Layanan Data dan Broadband dongkrak Pertumbuhan Telkom Group

Jakarta, Pewartaekbis.com, PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM) membukukan laba bersih sebesar Rp 14,2 triliun atau tumbuh sebesar 10.5 persen selama tahun 2013. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan pendapatan perusahaan sebesar 7,5 persen menjadi Rp 83 triliun disbanding periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh pertumbuhan Telkomsel sebagai anak perusahaan Telkom sebesar 10,1 persen.

bisnis broadband telkom group

broadband-business

broadband-business

Voice bisnis seluler menjadi kontributor paling besar terhadap pendapatan usaha Telkom sebesar 38,7 persen, yang diikuti oleh pendapatan dari data, internet dan layanan IT sebesar 38,2 persen, sisanya dari perdapatan voice jaringan tetap sebesar 11,7persen dan pendapatan lainnya sebesar 11,4 persen. Telkom memprediksi pertumbuhan pendapatan sebesar 6 – 7 persen pada tahun ini yang terutama didukung oleh bisnis selulernya.

Layanan data dan broadband menjadi penggerak utama pertumbuhan perusahaan. Pengguna layanan Fixed broadband meningkat sebesar 28,7 persen sedang pengguna layanan mobile data meningkat sebesar 10,8% dari periode yang sama tahun lalu. Total layanan mobile data dan pendapatan fixed broadband meningkat sebesar 25,6 persen. Selama tahun 2013 pelanggan Telkomsel tumbuh sebesar 6,4 juta menjadi 131,5 juta pelanggan. Untuk mengantisipasi pertumbuhan penggunaan mobile broadband perusahaan telah meningkatkan percepatan penyebaran BTS Telkomsel yang menyebabkan peningkatan biaya operasional dan pemeliharaan.

Tags:
author

Author: