Lebih dari 20.000 Warga Kolombia Terserang Virus Zika

nyamuk

Kolombia~ Firuz Zika terus menjadi perhatian dan kekhawatiran masyarakat dunia. Selain karena penyebarannya yang terus berlangsung, korban jiwa terus berjatuhan. Di Kolombia misalnya, kemarin (5/2) pemerintah setempat menegaskan jika ada tiga warganya yang meninggal setelah terpapar virus yang mirip demam berdarah ini.

“Kami telah mengonfirmasikan dan mengaitkan tiga warga yang meninggal dengan Zika,” demikian penjelasan kepala Institut Kesehatan Nasional Kolombia, Martha Lucia Ospina.

Ketiga warga Kolombia dimaksud mengalami gangguan saraf langka yang disebut Guillain-Bare. Gangguan tersebut terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf.

“Dalam kasus ini, tiga kematian diawal dengan sindrom Gullain-Barre,” jelas Martha.

Untuk diketahui, virus Zika menyebar begitu cepat di Kolombia. Seperti diwartakan Kompas, ada 20.297 orang di negara tersebut yang terkena virus ini.  Mirisnya, lebih dari 2.100 di antaranya merupakan perempuan hamil.  Padahal viruz Zika sering dijadikan kambing hitam atas kejadian cacat lahir mikrosefali yang membuat otak janin tidak berkembang sebagaimana mestinya.

Tags:
author

Author: