Lebih dari 85 Warga Sipil Suriah Dibombardir Militer AS

pesawat as

Suriah~ Kabar duka datang dari Suriah. Baru-baru ini jet tempur AS menewaskan lebih dari 85 warga sipil Suriah. Ada dugaan jet tempur AS tersebut salah tembak lantaran mengira gerombolan masyarakat sipil tersebut sebagai militan ISIS.

lembaga pemantau perang Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, juga menunjukkan gambar para korban usai serangan dilakukan di desa Tokhar dekat Manbij. Nampak pada gambar terebut  jasad anak-anak. Bahkan ada yang berusia sekitar tiga tahun. Ia tergeletak di bawah reruntuhan. Seperti diwartakan CNN, Observatory menduga insiden tersebut adalah salah tembak. Mungkin mereka mengira gerombolan itu adalah militan ISIS.

Sementara itu, Juru bicara Pentagon  Mayor Angkatan Darat Adrian J.T. Rankine-Galloway menerangkan jika pihaknya telah mendengar laporan soal kematian warga sipil di wilayah tersebut.

“Jika informasi soal tuduhan itu kredibel, kami akan menentukan langsung selanjutnya yang tepat. Kami telah melakukan peninjauan selama proses penyerangan untuk menghindari atau menimimalisir korban sipil dan mematuhi prinsip-prinsip Undang-undang Konflik Bersenjata,” sebut Rankine-Galloway.

Untuk diketahui, upaya merebut Manbij dari ISIS dimulai sejak akhir Mei 2016. Koalisi AS, berdasarkan hitungan pentagon, sudah melancarkan 450 serangan udara di wilayah ini.

Tags:
author

Author: