Lima Fakta “Wow” Seputar Akuisisi Whatsapp oleh Facebook

WA dibeli facebookSetelah sukses mengakuisisi Instagram pada April 2012 silam, kini Facebook juga mencaplok aplikasi pengiriman pesan WhatsApp.  Di balik akuisisi tersebut terdapat fakta-fakta yang fantastis:

  1. Facebook telah membeli aplikasi pesan WhatsApp dalam kesepakatan senilai $19 miliar (Rp222,7 triliun) dalam uang tunai dan saham.Ini adalah akuisisi terbesar Klik Facebook hingga saat ini.
  2. Sebanyak 12 miliar dollar AS dari angka yang tergolong fantastis itu diberikan dalam bentuk saham, 4 miliar dollar AS dalam bentuk kas, dan 3 miliar dollar sisanya dalam bentuk saham hibah untuk karyawan yang bakal diberikan secara bertahap dalam waktu 4 tahun ke depan.
  3. Menurut Forbes, pembelian tersebut membuat para karyawan WhatsApp kaya mendadak. Hal itu karena sekarang karyawan merupakan para “owner” dengan kepemilikan saham WhatsApp  sebesar hampir 1 persen, atau setara dengan 160 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,8 triliun.
  4. Whatsapp sebenarnya sudah pernah ditawar oleh Google tetapi batal.    Google dilaporkan sudah melakukan negosiasi dengan WhatsApp sejak setahun terakhir, dan diduga baru menawar senilai10 miliar dollar AS. Namun pendiri Whatsapp lebih tertarik bekerja sama dengan Facebook karena kesamaan visi.
  5. Pendiri WhatsApp Jan Koum dan Brian Acton memperoleh bagian yang jauh lebih besar. Koum, misalnya, diprediksi mengantongi 6,8 miliar dollar AS atau hampir Rp 80 triliun dari kepemilikan WhatsApp sebesar 45 persen.

(HM)

author

Author: