Lukisan Paus Emeritus Benediktus XVI ini Terbuat dari Kondom

niki

Pewartaekbis~ Ada yang tak lazim dari lukisan sosok Paus Emeritus Benediktus XVI yang dipajang di Museum Seni Milwaukee, AS. Sepintas lukisan ini memang Nampak biasa, baru terlihat perbedannya jika Anda mengamatinya dengan saksama.

Sebagaimana diwartakan Kompas, lukisan itu terbuat dari kondom yang dirangkai sedemikian rupa sehingga menghasilkan rupa Paus Benediktus XVI. Oleh karena itu, keberadaannya menuai protes keras dari pimpinan Gereja Katolik setempat.

Salah satu yang menyampaikan kritik ekras adalah Uskup Agung Jerome E Listecki. Dalam tulisannya, ia mengecam keputusan Museum Seni Milwaukee lantaran menerima lukisan yang dibuat seniman Niki Johnson tersebut.

“Saya menyerukan boikot dan penghentian donasi untuk museum ini. Tuhan, agama, dan keimanan telah dihina oleh lukisan ini” sebut Listecki.

Sementara itu, Niki mengatakan jika lukisan itu bukanlah bentuk kebencian terhadap Benediktus yang saat ini menyandang gelar Paus Emeritus. Meski demikian, ia mengakui ketidaksetujuannya terhadap posisi konservatif Benediktus yang pernah menyatakan kondom sebagai salah satu penyebab penyebaran HIV/AIDS di Afrika. Ketidaksetujuan tersebut kemudian diwujudkan dalam bentuk lukisan sebagai bentuk kritik terhadap pandangan beliau.

Tags:
author

Author: