Mactha, Alternatif Sehat Untuk Penggemar Kopi

mactha

Jakarta- Mactha atau teh hijau bubuk yang dikenal sebagi pengganti kopi lantaran manfaat sehatnya kini mulai banyak adicari orang. Terutama bagi para penggemar kopi yang ingin mencari manfaat sehat.

Sebagian banyak jenis matcha memiliki kandungan kafein sama dengan secangkir kopi (sekitar 53 sampai 72 mg kafein per sajian bubuk matcha asli dibandingkan 95 mg kopi).

Dilansir dari Kompas.com, sebuah studi di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menemukan, mactha memberi energi lebih dan kewaspadaan yang tenang dibandingkan kegelisahan yang dirasakan setelah minum kopi.

Hal ini diduga, karena adanya kandungan asam amino yang disebut L-theanine, yang biasa ditemukan pada teh.
Penelitian ini menemukan, bahwa teh hijau bubuk atau mactha  dapat merilekskan otak sekaligus menaikkan kewaspadaan.  Selain itu, kafein dalam matcha ini akan lepas sedikit demi sedikit sehingga kita tak mengalami tiba-tiba lemas setelah efek kopinya hilang.

Namun, meski kandungan nutrisi dan kafein mactha lebih tinggi dari teh hijau biasa, jika dikonsumsi terlalu banyak akan berisiko menderita hepatotoksisitas herbal, kondisi di mana kita kelebihan herbal dan suplemen dan terjadi kerusakan hati.

Sejauh ini, belum ada batasan berapa gelas matcha yang sebaiknya diminum. Sebab, setiap bubuk memiliki konsentrasi berbeda dan sistem pencernaan masing-masing orang pun berbeda.

Tags:
author

Author: