Manfaat Ajib “10 Menit” Terkena Matahari Pagi bagi Anak

anak

Jakarta – Vitamin D juga merupakan salah satu vitamin yang sangat membantu dalam tumbuh kembang anak. Karena itu, sinar matahari pagi yang hangat sangat dibutuhkan untuk anak-anak.Disebutkan oleh Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia Ahmad Syafiq,  vitamin D ini membantu tumbuh kembang anak seperti meningkatkan tinggi badan anak, dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan anak yang mendapat cukup sinar maatahari tubuhnya mendapat bantuan produksi vitamin D, sehingga penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh berjalan lancar.

Nah, terkena cahaya matahari 10 menit per hari, berarti sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin D dalam sehari. Untuk itu, anak-anak disarankan rajin melakukan aktivitas fisik di luar ruangan pada pagi hari sekitar pukul 06.00-10.00.

Aktivitas fisik yang disarankan dilakukan minimaal 30 menit setiap harinya atau sedikitnya tiga kali dalam seminggu. Selain membantu pertumbuhan fisik anak, aktivitas fisik diluar ruanagn juga bisa meningkatkan rasa percaya diri anak, mengurangi stres, membangun rasa sportifitas, hingga membangun kesetiakawanan sosial pada anak.

Seperti diwartakan Kompas, Syafiq menjelaskan jika anak yang rutin melakukan aktivitas fisik lebih mudah terhindar dari sakit, tulang dan ototnya juga menjadi kuat, lebih sehat dan bugar, dan tehindar dari risiko obesitas.

author

Author: