Manfaat dan Bahaya Teh Hijau

tehhijau

Jakarta – Teh hijau merupakan minuman herbal alami yang banyak sekali manfaatnya.Teh hijaumengandung polifenol yang baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, juga dapat mempengaruhi penyerapan lemak tubuh.

Mengonsumsi teh hijau dapat membantu membakar ekstra kalori. Setiap satu cangkir teh hijau atau kurang lebih 150 ml, dapat membakar 25-30 kalori, dan setiap 250 ml meluruhkan 40 kalori. Sejauh ini teh hijau diakui memberi banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh hijau juga mengandung katekin, senyawa antioksidan yang dalam dosis tepat menurunkan Kolesterol, melindungi kesehatan jantung dan mencegah kanker.
Meski demikian, kita perlu berhati-hati saat mengonsumsinya, sebab konsumsi teh hijau dengan dosis tinggi juga berbahaya bagi tubuh.

Dilansir dari Kompas.com, Niket Sonpal, ahli gastroenterologi dari New York City mengatakan,  teh hijau dalam dosis tinggi sama seperti suplemen penurun berat badan, dan sejatinya dapat menyebabkan hepatotoxity. Hal ini terjadi ketika kita mengonsumsi kebanyakan herbal, dari tilenol sampai teh hijau berpotensi merusak lever.

 “Ketika Anda minum ekstrak teh hijau, itu mirip minum bom kecil untuk lever,” kata Niket

Tubuh kita memanfaatkan senyawa dengan cara yang berbeda-beda. Cara lever mengubah atau menggunakan senyawa bergantung pada genetika dan juga cara kita makan dan minum. Namun, sejauh ini teh hijau dinyatakan aman selama tidak dalam dosis sangat tinggi.

Rate this article!
Tags:
author

Author: