Manfaat Lain Jambu Merah yang Penting Anda Mengerti

jambu

Jakarta- Psidium Guajava atau jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C. Sedangkan daunnya memiliki kandungan flavonoid kuercetin yang lebih banyak terkandung dalam daunnya, dan biasanya dimanfaatkan untuk obat diare. Namun, buah jambu merah tidak hanya dimanfaatkan karena kandungan vitamin C nya saja, tetapi juga diyakini sebagai obat alternatif yang dapat mempercepat penyembuhan penyakit demam berdarah.

Dilansir dari Kompas.com, dalam kasus penyembuhan penyakit demam berdarah, kedua kandungan dalam jambu biji, yakni vitamin C dan flavonoid kuercetin bekerjasama dalam melawan virus demam berdarah.

Adapun cara kerja zat aktif kandungan vitamin C dalam kasus demam berdarah adalah membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan infeksi virus.
Sementara kuercetin akan bekerja aktif dengan menghambat proses perkembangan virus dalam tubuh. Sehingga, jumlah virus yang menyerang tubuh menjadi lebih sedikit jumlahnya, dengan demikian jumlah trombosit yang diserang juga semakin berkurang.

Selanjutnya, kuercetin juga akan membantu dalam proses mengobati kerapuhan pembuluh darah kapiler yang terjadi akibat serangan virus. Hal ini akan bermanfaat mengurangi risiko perdarahan yang sering menjadi komplikasi demam berdarah.

Tags:
author

Author: